Marriage Care,  Titik Terang

Catatan si Pengantin Baru #5 (Bonding antar Pasangan)

Selama ini bonding hanya dikaitkan antara ibu dan anak, atau ayah dan anak, tapi sangat jarang disinggung mengenai bonding antara pasangan (suami&istri). Entah apa memang tidak harus ada hal seperti bonding di antara suami dan istri, atau memang kita-kita saja yang tidak menyadarinya, bahwa sebenarnya bonding ini juga ada di antara suami&istri, dan sebenarnya, ya.. sama pentingnya seperti bonding yang harus dibentuk oleh ibu ketika anaknya dilahirkan. 

Okay, sebelum sangat jauh, kita bahas dulu ya, apa sih bonding itu? Mungkin ada beberapa orang yang kurang memahami, “bonding? ah, apa itu?”. (Sangat) singkatnya, bonding adalah IKATAN. Dalam konteks bahasan kali ini, definisi bonding dalam tulisan ini adalah:

BONDING PASANGAN : IKATAN EMOSIONAL KUAT YANG TERJALIN ANTARA SUAMI DAN ISTRI.

Ikatan ini diliputi oleh rasa cinta, kasih sayang, kehangatan, kebahagiaan dan rasa aman. Sama seperti halnya seorang ibu yang harus segera membangun bonding atau ikatan sesaat ketika anak dilahirkan, pasangan suami-istri pun perlu terus membangun ikatan tersebut dan selalu mempertahankannya. 

Sejujurnya, aku juga kebingungan harus memulai tulisan ini dari mana, apakah ini penting atau apakah tulisan ini dibutuhkan oleh banyak orang. Tapi kemudian aku terus memikirkan untuk membuat ini, jadi ku putuskan untuk memulainya dari tanda-tanda yang ku sebut “aneh” yang aku selalu alami dengan suamiku. Semakin lama kualami, semakin kuat ingin berbaginya, karena ini keanehan yang mengejutkan dan membuatku bertanya-tanya diawal, kenapa selalu seperti ini? Ini tanda-tanda apa? Kemudian sampailah kepada kesimpulan, “oh, IKATAN kami sangat kuat, sehingga hal-hal aneh terjadi,”

Lalu apa saja hal-hal aneh itu? Yang juga akan menjadi tanda-tanda bahwa bonding diantara kamu dan pasanganmu sangat kuat. 

  1. Akan lebih PEKA dengan pasanganmengenai pikiran dan perasaannya. Aku dan juga suamiku terkadang akan tahu apa yang sedang dipikirkan oleh pasangan kami, walau kami hanya diam. Entah, bagaimana prosesnya, tapi tebakan mengenai pikiran dan perasaan kami selalu benar, walau kami tidak pernah menyampaikannya sebelumnya. Aneh kan?
  2. Ini paling aneh. Jadi memiliki kemampuan BERKOMUNIKASI dalam DIAM. Atau saling BICARA melalui UDARA. Pernah beberapa kali, aku ingin makan sesuatu, tapi tidak sempat membelinya, jadi hanya kupikirkan saja. Sesekali dalam hati (sambil membayangkan yang benar-benar kuinginkan), aku membicarakannya, “suamiku, aku ingin makan ini!” atau “hah, apa aku minta suamiku belikan ya?” tapi pertanyaan itu tidak sempat tersampaikan, kemudian… TAAARAAA… makanan itu ada di rumah saat aku pulang kerja !! Pernah juga, aku dan suami sama-sama membeli bahan makanan yang sama percis dan ingin memasak satu masakan yang sama dengan bahan-bahan yang telah kami beli (tanpa kami mengatakannya terlebih dahulu). 
  3. Bisa merasakan apapun terhadap pasangan, sehingga bisa lebih BEREMPATI. Terkadang aku bisa dengan sangat mudah merasakan lelahnya, dan anehnya karena merasakan lelahnya, hal ini membuatku harus menjadi lebih kuat darinya. Hal ini juga membuatku berempati dengan rasa lelahnya, sehingga aku mampu mentoleransinya jika dia ingin tidur-tiduran saja dan aku memasak untuknya. Atau mentoleransinya bermalas-malasan seharian dan aku sendiri membersihkan rumah. Begitu juga sebaliknya. Atau karena tahu dan bisa merasa lelahnya, jadi ada kata-kata “aku pijit ya,” atau “aku lulurin ya,”. Biasanya pasangan akan langsung mengatakan ini, “hah, aku memang ingin dipijit,”. Dapat merasakan atau tahu keadaan pasangan ini membuat kita menjadi kuat saat dia lemah, membuat kita lebih semangat saat dia lelah, dan sudah pasti ini membuat kita bisa mengisi kekosongan, kelemahan, kekurangan pasangan.
  4. Ini menjadi hal yang aneh juga. Tiba-tiba bicara hal-hal yang sama di waktu yang sama, SECARA BERBARENGAN. Kami sering sekali melakukan ini, bisa-bisanya membicarakan sesuatu secara berbarengan, jadi bikin kagum dan melongo gitu kadang-kadang. Ini salah satu contohnya, saat itu aku sedang mencuci piring setelah makan malam kemudian dalam hati berkata “setelah cuci piring, bikin infused water ah, masih ada lemon satu di kulkas. Kemudian si suami datang dan berdiri di samping lalu bilang, “bikin infused water yuk, ada satu lemon dikulkas.” dan aku hanya bisa melotot ke dia, terkejut. Hal kecil lainnya, mau masak apa, pasyi pengennya sama, atau ini yang sering terjadi, suka pakai warna baju yang sama, padahal tidak pernah janjian. 

Hah, bersyukur sekali rasanya bisa merasakan atau mengalami hal-hal “ANEH” ini dan semakin geleng-geleng karena tidak percaya betapa amazing nya kekuatan bonding ini. 

Dan adanya bonding diantara aku dan suami sudah pasti membuat cinta di antara kami semakin besar dan kuat. Kami jadi semakin tahu bahwa rasa, asa, pikiran dan kasih sayang kami sejalan, seirama, sehingga masing-masing kami bisa merasakan dan mengetahuinya sepercis mungkin. Ini juga membuat kami jadi merasa aman dan saling percaya satu sama lain. 

Mungkin empat poin di atas biasa saja untuk orang lain, tapi bagi pasangan-pasangan yang pernah atau sering mengalaminya akan terasa bedanya. Ini benar-benar hal yang mengejutkan dan luar biasa. Pernah merasakan dan mengalami hal-hal tidak terduga itu membuat rasanya “tidak habis pikir, kok bisa ya?”. 

Dan hebatnya saat hal-hal seperti ini ada dan kita alami, membuat kita :

  1. Memiliki rasa PERCAYA yang tinggi pada pasangan, bahwa ia juga memiliki pemikiran dan rasa yang sama dengan kita.
  2. Kita merasa menjadi SATU. Dan buatku ini sangat penting, rasa kesatuan itu membuatku merasa SANGAT AMAN, bahwa aku memiliki teman yang sangat bisa memahamiku.
  3. Merasa ada yang MEMAHAMI, jadi tidak perlu susah-susah menyampaikan apapun dengan sangat keras. 

Nah, kemudian, karena sudah tahu luar biasanya manfaat dari adanya bonding di antara pasangan, jadi ingin memilikinya kan? Hemmm, sebenarnya setiap pasangan pasti sudah memilikinya, hanya saja kadang terabaikan dan tidak dipertahankan atau tidak diasah lagi dan lagi. Bisa jadi kurang di tumbuhkan lebih tekun lagi agar menjadi lebih besar dan kuat ikatannya. 

Processed with VSCO with m5 preset

Baiklah, hal-hal sederhana ini bisa dilakukan:

  1. BERPELUKAN dan CIUMAN. Sediakan waktu atau kesempatan untuk berpelukan atau mencium pasangan, setidaknya saat akan berangkat atau pulang kerja, memeluknya untuk memberi kekuatan karena seharian bekerja, atau mencium kening untuk berterima kasih karena memasak makanan yang enak dan mengenyangkan. Tidak harus berlama-lama, satu kecupan, atau pelukan tulus beberapa detik sudah memberi manfaat yang luar biasa. Dua hal ini kalau dilakukan secara rutin bisa menguatkan bonding antara kalian dan juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 
  2. CUDDLING dan BERHUBUNGAN INTIM. Cuddling dengan pasangan mampu membuat kita melepaskan hormon cinta dan ini akan membuat kita dan pasangan menjadi bahagia. Hal ini juga mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga menjadi lebih sehat dan mampu meredam stres yang dapat membahayakan hubungan. Jika antar pasangan mampu mencukupi kedua hal ini maka dapat mempererat kedekatan dan hubungan ketergantungan yang menyehatkan diantara kita dan pasangan.
  3. KOMUNIKASI, MENGOBROL,BERBAGI CERITA. Ini yang penting ! Selelah apapun, se tidak ada waktunya sedikitpun, tetap harus ada komunikasi dengan pasangan. USAHAKAN ! Usahakan ! Mengobrol hal-hal ringan, sampai membicarakan hal-hal berat, membuatmu dan pasangan akan lebih peka dan berempati kemudian meningkatkan toleransi terhadap pasangan.
  4. BERPEGANGAN TANGAN. Saat berjalan bersama ataupun menyebrang jalan, pegang tangan pasangan. Ini akan membuatmu merasa aman karena selalu ada pasangan untuk menjaga kita. 
  5. Sediakan QUALITY TIME. Sediakan waktu hanya berdua saja dengan pasangan, makan malam bersama, belanja berdua atau sekedar bepergian dengan mobil berdua. Sediakan waktu hanya membicarakan hal-hal diantara kalian berdua saja. Hal ini berguna untuk kembali berbagi rasa, asa dan pikiran masing-masing. 

Lalu akan ada yang mengatakan, “hah, kalau gitu hanya bisa dilakukan oleh pengantin baru dong, kita yang sudah 5 tahun lebih menikah, sulit lah, banyak urusannya, urusan anak, rumah dan lain-lain, ga ada waktu.”

Bagaimanapun juga, sekali lagi, bagaimanapun juga, USAHAKAN! Usahakan untuk melakukan hal-hall di atas ya, agar bonding diantara kalian (yang menikah sudah lama) bisa terus terbentuk dan semakin kuat ikatannya. Tidak harus 24 jam kok, seperti yang kukatakan tadi, satu kecupanpun, atau pelukan tulus beberapa detikpun, itu sudah banyak manfaatnya lho. Atau quality time sebulan sekali, atau mengobrol hal-hal ringan sebelum tidur, atau setelah makan yang terhitung hanya beberapa menit juga tidak masalah.

Semua itu pasti berguna, dan memiliki banyak manfaatnya. Dan yang pasti dapat MEMPERDALAM rasa cinta dan MENGUATKAN ikatan di antara kamu dan pasangan. 

Jangan sampai lama kelamaan menikah malah jadinya seperti teman sepermainan aja, atau parahnya kayak tidak kenal satu sama lain, karena satunya sibuk dengan gadget nya dan satunya lagi sibuk dengan hal-hal lain.

Semangat dan terus berusaha untuk menyediakan waktu-waktu dengan pasangan agar bonding atau ikatan diantara kalian semakin kuat ya. 

Semoga bermanfaat.

-aa-

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *