Note to Self,  Short Story,  Titik Terang

Catatan si Mama Naira #9 | ‘self talk’ nai sejak usia 7 bulan

Sebenarnya tulisan ini terinspirasi dari ‘quality time’ nya opa dan Nai. Jadi, setiap Nai digendong sama opa karena mama atau oma sedang makan, mandi atau melakukan sesuatu lain, opa akan selalu mengajak Nai ke ruang buku dan berdiri di depan foto Nai yang waktu berusia 1 hari.

Entah sejak kapan opa melakukan ‘self talk’ ini untuk Nai, tapi mama baru benar-benar menyadarinya saat siang itu mama sedang makan di meja makan. Mama akan mengambil foto mereka, tapi ‘ritual’ itu cepat berlalu, kemudian saat di kesempatan kedua di kemudian harinyapun, kesempatan mengabadikan hal itu juga belum terlaksana.

Saat itu mama melihat dan mendengar, opa mengatakan hal-hal ini :

“Hallo Nai, sekarang kita sudah berusia 7 bulan. Tumbuh semakin cantik, pintar, sehat dan berat sekali ini, sampai opa pegel gendongnya.” 

Opa kemudian tertawa, begitu juga dengan Nai yang jingkrak-jingkrak heboh melihat fotonya dan mendengar kata-kata opanya. Kemudian opa melanjutkan dengan kata seperti ini :

“Terima kasih ya Nai sudah tumbuh baik sampai saat ini. Tetap semangat dan selalu sehat untuk selama-lamanya ya.”

Mama tertegun, pasti. Haru sekali rasanya dan kembali merasa lebih bersyukur dan juga diingatkan bahwa melakukan ‘self talk’ ini memang sangat baik dilakukan. Bahkan mama yang seorang psikologpun yang sudah sedewasa inipun masih sering melupakan hal baik ini. Masih sering mengatakan hal-hal yang kurang positif atau mendukung diri sendiri.

Jadi, di tulisan kali ini mama akan mencatat hal ini dan membagikan kembali sehingga lebih banyak lagi yang tersadarkan akan hal baik dan sederhana ini tapi memiliki banyak manfaatnya untuk diri sendiri. Seperti mama yang kembali tersadarkan, mama juga berharap yang membaca hal ini juga mengalami hal yang sama dengan yang mama rasakan.

SELF TALK

Self talk ini dapat dilakukan oleh semua orang, dari remaja, dewasa, lansia bahkan anak-anakpun sudah bisa menerapkan self talk ini. Self talk adalah bagian dari afirmasi positif yang sebaiknya dilakukan anak dengan cara yang baik.

Pada anak, self talk ini merupakan suatu afirmasi yang sangat baik yang perlu diajarkan agar anak dapat melihat sesuatu secara lebih baik. Manfaat lainnya adalah dapat menanamkan perasaan baik dalam diri anak. Mengenai dirinya, hal-hal yang dimilikinya, hal-hal yang sudah dilakukannya dan sebagainya.

Setiap anak pernah melakukan suatu kesalahan, yang bisa diatasi dengan self talk ini. Dengan cara ini akan membuat kesalahan yang telah dilakukannya sebagai pelajaran yang sangat berharga bagi dirinya untuk tidak mengulangi di masa mendatang, anak bisa memandang bahwa kesalahannya bukanlah sebuah aib, tapi suatu media pembelajaran dan perbaikan.

Manfaat self talk sangat positif bagi anak, dan mama sangat bersyukur karena opa juga menyadari itu dan dengan caranya sendiri menerapkannya pada Nai. Tentu Nai belum bisa bicara, ia bahkan baru berusia 7 bulan, namun opa kemudian bertindak sebagai Nai dan itu stimulasi yang sangat baik dan menyenangkan.

Menurut Mc Dowell, ada 8 manfaat dari self talk ini, check this out ya:

  1. Membangun ketahanan
  2. Mengembangkan pandangan hidup yang positif
  3. Membantu anak mengidentifikasi kekuatannya
  4. Menanamkan kepercayaan diri
  5. Mendorong anak untuk mencari hal-hal yang diinginkannya
  6. Memberikan anak keberanian untuk mengejar mimpi dan menetapkan tujuannya
  7. Memberdayakan anak untuk berani menghadapi tantangan dan membuat problem solving
  8. Membantu anak untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan di bawah tekanan

Lalu, bagaimana cara mengajari anak melakukan self talk ini?

  1. Menciptakan kesadaran
  2. Terlibat dalam percakapan, mendengarkan dan terlibat saat anak mengungkapkan perasaan dan keadaannya
  3. Mengenali kekuatan diri. Tanyakan apa yang paling anak sukai dari dirinya sendiri
  4. Fokus pada usaha
  5. Memberi contoh melakukan self talk positif kepada anak
  6. Lakukan secara konsisten

Terima kasih opa sudah melakukan self talk ini dengan Nai, terima kasih karena menginspirasi (lagi dan lagi) mama untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan mama yang selalu berusaha memberikan hal baik kepada Nai.

Selamat membaca dan ditunggu juga sharingnya ya papa dan mama, silahkan dituliskan di kolom komentar.

Salam, Ayu Andini, M.Psi., Psikolog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *