God is Good,  Short Story

Catatan si Mama Naira #8 | Nai, memilikimu adalah ‘pilihan’ papamama, adanya kamu adalah ‘karma baik’ kami

7 bulan dan mau 8 bulan and STILL COUNTING… Sampai nanti Nai besar, menikah, punya anak, punya cucu, selamanya.

Setelah punya Nai, setelah menjadi seorang mama tentu banyak sekali kekhawatiran mama namun juga lebih banyak lagi kebahagiaan yang tidak bisa disebutkan dengan kata-kata bagaimana mama bersyukur dan bersukarianya punya Nai di kehidupan mama. Tentu dikehidupan papa juga, walau dia tidak begitu dengan gamblang menyebutkannya. Dan semuanya sudah mama catat di seri ini yang sekarang sudah masuk part ke 8, mama yakin akan lebih banyak lagi part lainnya di seri ini, catatan mama bersama Nai.

Hampir 8 bulan ini banyak sekali hal terjadi Nai, banyak warna, banyak rasa, banyak juga pikiran-pikiran baru yang memang dan sudah pasti selalu ada Nai di dalamnya. Apapun yang mama dan papa lakukan, selalu menyesuaikan dengan adanya Nai.

Selama 8 bulan ini, papa mamapun masih dan terus melakukan penyesuaian diri, adaptasi karena memiliki Nai, menyesuaikan diri menjadi papa dan mama. Tidak hanya fisik, tapi juga perasaan, pikiran, finansialpun bahkan semua rencana karir dan hal-hal yang ingin papa mama lakukan untuk diri sendiripun menyesuaikan dengan adanya Nai.

Ada hal-hal baru yang harus mama dan papa lakukan, walau berat di awal tapi kami berusaha memberi yang terbaik. Ada hal-hal lama yang sudah tidak efektif dan tidak boleh lagi kami lakukan, memang berat di awal tapi kami berusaha untuk melakukannya.

Nai, semua itu bukan beban untuk mama dan papa dan kita semua. Semua itu bukanlah pengorbanan bagi papa dan mama dan sudah pasti semua yang telah kami lakukan tidak akan pernah menjadi sia-sia. Mama tidak merasa menjadi korban, dan memilikimu bukanlah sebuah peperangan dan mama yang kalah disini.

Ya, memiliki Nai adalah PILIHAN mama. 

Mama dengan sadar memilih untuk memiliki seorang anak, mama dengan sadar memilih untuk menjadi seorang mama. Tidak ada yang memaksa mama untuk menjadi mamanya Nai, dan memang tidak ada yang bisa memaksa mama, ini semua karena pilihan mama dan mamalah yang memiliki keinginan yang besar untuk mengandungmu, melahirkanmu kemudian sekarang merawat membesarkanmu.

Walaupun ada mimpi-mimpi yang tidak bisa dengan segera mama wujudkan, walaupun ada hal-hal untuk diri sendiri yang tidak bisa sering-sering mama lakukan, tapi mama merasa tidak sedang mengorbankan apa-apa. Karena lagi dan lagi semua yang mama lakukan adalah pilihan mama dan mama yang mau.

Nai, kamu adalah KARMA BAIK mama. 

Adanya Nai dalam hidup mama, bayi kecil yang tumbuh sehat, pintar dan semakin cantik adalah karma baik mama. Banyak sekali kemurahan dan kebaikan Tuhan yang selalu mama dapatkan disepanjang hidup mama, dan Nai adalah wujud cinta Tuhan begitu besar terhadap mama. Mama percaya hal-hal baik yang telah kita lakukan akan kembali kepada kita nantinya. Dan Nai adalah contoh nyata dari kepercayaan itu. Mama percaya hal baik yang telah mama lakukan kembali diberikan kepada mama dengan wujud kamu.

______

Nai, mama bukanlah mama yang sempurna, tapi mama berjanji akan menjadi mama yang bahagia dan selalu mau belajar. 8 bulan ini banyak hal terjadi Nai, sakit-sembuh, sedih-senang, tangis-tawa semuanya menjadi warna dan menjadi satu di dalam kehidupan kita. Tidak ada lagi yang bisa membahagiakan mama selain semua warna-warni itu.

Mama selalu dan semakin bersemangat untuk selalu menemani tumbuh kembangmu sampai nanti kamu remaja, dewasa dan kita menjadi teman karib selama-lamanya.

Nai, semoga Nai juga bahagia dan bersukacita menjadi bagian dari keluarga kecil ini ya. Menjadi putri pertama papa mama, menjadi cucu kesayangan opa dan oma, keponakan yang selalu menjadi sumber perhatiannya koko juga. Kami semua sangat menyayangimu.

Salam hangat, dari mama 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *