Books Review,  Parenting,  Titik Terang

Book Review | What’s My Child Thinking?

Judul Lengkap : What’s My Child Thinking? Practical Child Psychology For Modern Parents
Penulis : Tanith Carey
Untuk : 2-7 tahun 
Penerbit : DK; Illustrated edition
Tangga : 19 Februari 2019
Jumlah Halaman : 256 halaman
ISBN-10 : 1465479376
ISBN-13 : 978-1465479372
Bahasa Inggris | Paperback | Beli di IG @elibookstore 

Overview

Buku ini kubeli sebelum hamil, karena kebutuhan kerjaan awalnya, dan memang saat itu juga merasa ’sekalian’ lah supaya nanti bisa dipakai untuk menambah pengetahuan mengenai anak-anak usia 2-7 tahun. Selain alasan itu, aku juga suka dengan design penyampaian di dalamnya, sederhana, dan tidak terlalu full dengan tulisan saja. Kertasnya juga bagus, seperti kertas majalah. Dulu impianku, aku ingin membuat buku dan menerbitkannya memakai kertas majalah, namun sayangnya, ada kelemahannya, bukunya jadi berat kalau dibawa ke mana-mana.

Buku ini terlihat dan terasa jauh lebih praktis buatku, Carey menyampaikan dengan tidak bertele-tele, praktis dan ringkas banget. Dan yang bikin semakin jatuh cinta lagi, buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh kasus sehari-hari dan cara-cara praktis nan aplikatif untuk menyelesaikannya. Pembahasan cingkat dan juga memakai diagram menjadikan yang membacanya juga ga terlalu mumet, apalagi untuk calon orang tua yang masih awam tentang perkembangan anak dan pengasuhan. Intinya, saat baca buku ini, santai aja bawaannya.

Isi Buku

Hal pertama yang kubaca dari buku ini adalah kata-kata Carey di bagian pengantar, bahwa buku ini adalah ”the first parenting book that simultaneously brings together the thinking of both the parent and the child”

Menurutku, inilah yang dibutuhkan orang tua dan anak. Selama ini yang kita tahu (pengasuhan konvensional) orang tua selalu berada di ’atas’ anak. Orang tua selalu memperlihatkan bahwa ia yang paling tahu, sehingga kata-kata ini sudah tidak asing lagi di telinga, ”allaah, tahu apa kamu, mama dan papa lebih berpengalaman, lebih dulu makan asam garam dunia, udah nurut aja!”

Bukannya sudah waktunya kita berubah atau mengubah mindset kita itu?

Bahwa dunia sudah jauh berubah, dan ’pengasuhan modern’ sudah ada di tengah-tengah kita. Yuk belajar yuk! Orang tua bukan lagi selalu yang paling tahu, yang paling harus diikuti. Sudah waktunya orang tua berada sejajar dengan anak-anaknya. Bukannya alangkah baiknya jika orang tua dan anak sama-sama dapat menyatukan pikiran mereka akan sesuatu hal untuk dapat saling melihat sudut pandang yang sama. 

Ditekankan di awal buku ini bahwa orang tua semestinya tidak hanya memfokuskan pada kesiapan fisik saat akan melahirkan bayi. Tapi lebih dari itu bagaimana dapat memahami perilaku-perilaku atau bahasa-bahasa bayi ketika sudah dilahirkan.

Dikatakan 90% dari pertumbuhan otak anak terjadi sebelum ulang tahunnya yang ke-7 tahun, karena ’diatur sesuai dengan pengalaman yang ia miliki dan jenis perawatan yang ia terima sejak lahir’. 

Maka dari itu, agar pertumbuhan otak ini juga lebih optimal, baik dan normal, orang tua diharapkan benar-benar ‘paham/tahu’ bagaimana merespon, merawat dan mengendalikan dengan semestinya atau dengan tepat segala kondisi dan situasi yang ditemui saat mengasuh anak sehari-hari.

______

Bagian bab awal buku ini ada penjelasan mengenai ’apa sih yang sebenarnya orang tua inginkan dari anak-anaknya?’ melihat pertanyaan itu, akupun jadi berpikir, dan membayangkan ketika aku sudah sah menjadi orang tua, saat si Mungil lahir, apa sih yang kuinginkan darinya? Aku ingin dia menjadi seperti apa, dan bagaimana ia hidup?

Kebanyakan orang tua pasti akan jawab, ingin anaknya menjadi anak yang baik dan patuh serta menuruti apa yang dikatakan oleh orang tua!

Nah, di buku ini akan banyak kita temukan penjelasan, apakah nurut memang harus? Apakah itu tujuan akhirnya? Dan apakah keinginan orang tua tersebut baik untuk anaknya?

Salah satu bab di buku ini juga menjelaskan bagaimana anak-anak belajar, bagaimana otak mereka berkembang, dan pencapaian yang diharapkan orang tua pada berbagai usia dalam hal pemikiran, hubungan, perasaan dan perbuatan anak mereka. Dan pembahasan-pembahasan itu akan dijelaskan di setiap bagian dari buku ini :

  • Usia 2-3 tahun
  • Usia 4-5 tahun
  • Usia 6-7 tahun

Dengan penjelasan yang ringan, carey membahas tentang hal-hal umum yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari bersama anak. Ada banyak skenario-skenario yang sering terjadi, yang dialami oleh orang tua dan anak dalam kehidupan sehar-hari, mulai dari sekedar ucapan, “mama, aku takut gelap/takut kucing” sampai bagaimana perilaku anak-anak di tempat umum, seperti merengek, hingga tantrum yang tak terkendali.

Di dalam setiap bagiannya, buku ini akan menyertakan cara-cara praktis bagi orang tua agar lebih mudah mengatasi kejadian-kejadian tak terduga seperti tantrum, marah-marah, menangis, berantem dll. Orang tua mendapatkan informasi mengenai cara-cara yang jauh lebih tepat untuk dilakukan dalam mengatasi hal-hal di atas. Tips-tips atau saran praktis yang diberikan oleh buku ini juga bertujuan agar lebih mampu mengatasi kejadian-kejadian untuk ’saat ini’ dan dalam ’jangka panjang’ karena memberikan ide tanggapan dari orang tua yang jauh lebih tepat untuk setiap situasi.

Dengan pemahaman dan pengetahuan yang lebih tepat untuk menanggapi dengan benar situasi atau perilaku yang dimunculkan anak akan membantu orang tua mengajar dan mengasuh anak mereka, dengan lebih tepat dan benar. Bukan dengan reaksi spontan tapi keliru, atau dengan otoriter atau disiplin yang tidak masuk akal, atau bahkan orang tua kehilangan kendali sehingga tidak berdaya menjadi orang tua.

Kata kunci: pemahaman dan pengetahuan yang tepat dari orang tua akan menyebabkan lebih mudah mengendalikan anak.

______

Rekomendasi

Buku ini menjadi ’penyelamat’ untuk orang tua yang sedang kebingungan mencari cara mengatasi atau mengendalikan perilaku-perilaku yang tak terduga atau sulit yang ditunjukkan oleh anak. Apalagi bagi orang tua baru atau yang masih awam dengan cara-cara pengasuhan yang tepat.

Dengan bahasa yang ringan dan saran-saran praktis yang mudah diikuti, buku ini dapat memberikan informasi yang cukup jelas dan sederhana dalam memahami pandangan anak dan dapat lebih memahami apa yang sedang dipikirkan anak kemudian berusaha untuk menyamainya. Buku ini tidak hanya cocok untuk orang tua atau calon orang tua saja, tapi pihak-pihak yang biasa bekerja di dunia anak-anak.

______

Happy reading ya papa mama 🙂

-aa-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *