Books Review

baca buku, haruskah?

Budayakan membaca!

Kalau ditanya, haruskah membaca? Jawabanku selalu sama, harus! Lalu haruskah membaca buku? Hem, kalau yang ini jawabanku tidak harus! Tapi satu lagi yang harus dan yang penting dengan kaitannya membaca, memang tidak harus buku, tapi pastikan apa yang kita baca adalah hal-hal yang positif, yang memberi dampak positif untuk diri, yang bermanfaat baik dan juga yang memberikan kelegaan untuk hati dan pikiran karena dapat membantu dalam mengatasi masalah atau melewati tantangan yang kita hadapi. Semua yang baik-baik itu dapat di baca dari buku, artikel, jurnal, blog, atau bahkan dari ig story atau status seseorang di sosial media. Dari manapun sumbernya, yang penting positif dan itu kuncinya.

Hah, males baca, bikin ngantuk.” sering terdengar satu kalimat itu dari orang-orang yang baru lihat buku saja sudah pesimis duluan. Ya memang, tidak semua orang bisa sama, suka baca, apalagi suka buku. Dan tidak semua orang memiliki kesukaan yang sama, kita tidak bisa paksa. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam meresap informasi yang dibutuhkannya dari lingkungan. “kan menambah inspirasi ga cuman dari buku doang!” ya betul sekali, seperti yang kusampaikan di atas, membaca apa saja bisa, tapi bukan berarti kita harus anti banget sama buku ya.

Hasil dari survei dunia, membuktikan bahwa orang-orang sukses memiliki keinginan yang besar dan selalu memiliki waktu untuk membaca. Mereka tidak pernah berhenti belajar dari orang lain melalui buku yang mereka baca. Karena itu, tulisan ini akan lebih membahas mengenai baca buku ya. Apa saja sih manfaat baca buku dan apa saja tips-tips agar kita sebagai pemula bisa tetap langgeng baca buku sampai halaman terakhir.

foto dari gipong

Bagaimana caranya supaya tidak anti dan pesimis duluan sama buku?

  1. Mulai membaca buku harus mempertimbangkan dan memperhitungkan waktu, tempat dan situasi yang kondusif dan tepat. Kesan pertamamu membaca buku harus bagus, supaya tidak kapok untuk baca buku lagi di kemudian hari. Intinya, buatlah keadaan yang sangat nyaman dan membuat rileks, tanpa beban, kemudian mulailah membaca. Contohnya, jangan memulai baca buku di tempat keramaian, atau bising itu akan membuat kita tidak tenang dan mudah terdistraksi dengan hal-hal lain.
  2. Don’t judge the book by its cover. Sering dengar ini kan? Yes, ini untuk pemula, jangan menilai buku dari covernya. Baru lihat covernya jelek, belum tentu isinya jelek. Sering terdengar dari orang-orang yang ingin baca buku “buku apa nih? Kok covernya jelek gini?” eit, tunggu dulu, buka dulu deh covernya baru comment.
  3. Jangan berharap terlalu tinggi dengan buku yang ada di tanganmu. Nothing to lose. Walau sudah baca review atau sinopsis buku, kadang tidak sepenuhnya buku yang kita baca menjadi “cermin” untuk kita. Kadang kita tidak merasa “ngeklik” juga. But, it’s okay. Jangan menyerah, keep reading! Walau tak sepenuhnya buku itu menjadi cermin untuk kita, tapi sudah pasti ada maksudnya sampai buku itu ada di depan matamu, ada ditanganmu. Karena alasan itu saja bisa membuatmu untuk memulai baca buku itu. Kadang yang kita dapatkan bukan apa yang kita inginkan, tapi sudah pasti apa yang kita butuhkan.
  4. Kembangkan rasa ingin tahu yang tinggi dari dalam diri. Biasanya di awal-awal pasti ngantuk. Kalau ini baru halaman pertama, percaya deh, paksa dirimu! Tetap baca! Awal-awal memang agak membosankan, tapi dijamin tidak untuk halaman selanjutnya. Ini karena penulis baru saja menyampaikan pembukaan dari bukunya, kadang ada penulis yang membutuhkan waktu yang lama untuk “membuka” apa inti yang akan disampaikannya. Tenang saja, buku akan selalu memberikan insight dari awal, pertengahan hingga akhir kok. Nah, intinya, kalau baca buku, kita WAJIB kepo!
  5. Disaat sudah merasa lelah, karena baca terlalu banyak dan cukup banyak juga informasi yang diterima, nah disini kita wajib istirahat. Ngemil, lihat keluar ruangan, yang hijau-hijau atau hal-hal yang menyegarkan mata, dengerin lagu, main game, atau telponan sama pacara. HAHAHA! Kalau sudah fresh lagi, ayo segera kembali, kita akan semakin kepo dengan buku yang kita tinggalkan sementara.
  6. Memang benar, buku yang kita baca kadang tidak menjadi “cermin”, tapi sedikit banyak memberikan nilai-nilai dan kesadaran baru. HARGAI itu! Bersyukur karena bisa mengambil sedikit pengalaman dan pembelajaran dari orang lain untuk kehidupan kita.
  7. Tanamkan ini dalam pikiran, “tidak ada ruginya kok membaca”. YES, tidak ada ruginya membaca buku, novel, cerpen, poems, artikel, blog orang, quote atau apapun itu. Jadi, ketika kita melihat buku, ya sudah tinggal baca aja! Just simple like that! Biasanya penulis bakalan membagi tulisannya menjadi tiga tahapan. Pembuka (bisa panjang bisa pendek), isi dan penutup (disini banyak banget pengulangan dan kesimpulan). Jadi ketika baca pembukanya saja sudah males dan menyerah trus membela diri bukunya bikin bosan, kuingatkan sekali lagi, perjalananmu masih panjang. Just keep reading! Balik lagi ke pemikiran awal, jangan ujug-ujug mengatakan bukunya jelek, karena tidak ada ruginya membaca.
  8. The last but not least, yang penting kita memiliki keinginan untuk “memulai” membaca. Tanpa keinginan maka tidak akan ada tindakan. Kita hanya memiliki sedikit keinginan, it’s okay, itu “investasi”. Belajar membaca sedikit demi sedikit kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan nantinya.

Manfaat baca buku

Semoga beberapa manfaat ini bisa menguatkan kalian yang mulai ingin membaca buku ya. Ini adalah beberapa manfaat yang kudapatkan dari rutin membaca buku.

  1. Dengan membaca buku kita bisa belajar mengenai hal-hal baru. Kita bisa menambah wawasan mengenai problem solving, ilmu-ilmu baru, cara pengembangan diri, dan masih banyak lagi hal-hal baik dan positif yang bisa kita dapatkan dari pengalaman dan penelitian orang lain dari buku mereka. At least, kita bisa tahu hal-hal baru dari pengalaman mereka, dari tantangan-tantangan yang mereka hadapi sebelum kita. Setidaknya, kita memiliki pengetahuan baru mengenai hal-hal yang mereka alami lebih dulu dari kita, siapa tahu entah kapan itu, kita juga mengalami hal yang sama. Edwin (Adikku tersayang) pernah mengatakan ini, “kita harus berterima kasih kepada mereka yang memiliki kesediaan berbagi melalui buku yang mereka tulis. Mereka yang sudah menghabiskan banyak sekali tenaga, waktu dan materi untuk membuat satu buku, tapi kita hanya membutuhkan sedikit uang dan seharian waktu untuk membaca dan ‘mencuri’ ide dari mereka.” Dan aku menyetujui kata-kata itu. Karena itu aku juga jadi suka membaca.
  2. Bagiku membaca buku membuat kita menjadi lebih rileks. Khususnya dalam menghadapi dunia dan segala kedramatisannya. Membaca buku sama dengan berinvestasi bahwa kita memiliki pegangan untuk menjalani kehidupan dengan segala kerumitannya. Banyak sekali kesempatan aku dapat memecahkan masalahku dengan mengingat kata-kata dalam buku.
  3. Membaca buku memancing kita menebarkan kebaikan dan informasi penting kepada orang lain. Setelah membaca satu buku, kita bakalan segera menceritakan isi buku itu kepada orang lain, khususnya orang-orang terdekat. Dengan begitu, kita bisa memberikan informasi baru juga kepada mereka (yang pasti bermanfaat) dan juga memancing mereka untuk membaca buku yang sama dengan kita.
  4. Lewat buku, aku bisa mengembangkan imajinasiku. Aku bisa melahirkan kata-kata baru karena inspirasi dari buku yang kubaca. membuat poems, atau kata-kata bijak atau ide-ide baru kemudian yang kupakai untuk pegangan dan bekalku menjalani kehidupan sehari-hari. Hah, sangat bermanfaat.
  5. Satu lagi, dengan banyak membaca buku dengan genre yang berbeda, membuatmu berwawasan luas. Tidak hanya tahu permukaannya saja. Tapi juga secara mendalam. Dan, penting juga sih ini, dengan membaca buku, kita terlihat lebih pintar lho. HAHAHHA.

Oke, the last word, sudah tahu kan banyak manfaat positifnya. Sudah tahu juga kan tips-tipsnya membaca buku. Jadi, ingin mencoba kan untuk memulai membaca buku? Hah, I hope so!

Hem, kalau memang belum ingin membaca, no problem, tapi tetap latih diri sedikit demi sedikit. Kamu bisa mulai dengan buku yang menggambarkan dirimu. Karena tidak semua buku bisa mencerminkan sepenuhnya dirimu, jadi pilih yang paling mendekati. Dengan begitu kamu akan menumbuhkan kebiasaan membaca.

Selamat mencoba guys, and happy reading good people.

aa-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *